TUTORIAL CARA MEMBUAT APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) MARKER DAN MARKERLESS DI ANDROID MENGGUNAKAN UNITY DAN VUFORIA SDK



Setelah alat tempur diatas disiapkan jalankan aplikasi Unity3D dan buat project baru dengan cara klik"File->New Project" disini saya membuat project dengan nama "Marlboro". Jangan lupa di save (CTRL+S) terserah berinama apa aja untuk Scene. disini saya berinama "Test1".
2. Lalu klik kanan pada bagian Assets. Import Package->Costum Package
 3.Import Package SDK Vuforia yang kalian download tadi. 
4.Delete Main Camera pada Unity
5.Lalu drag ARCamera dan ImagetArget 
6.Maka akan terlihat seperti ini:
7.Selanjutnya adalah tahap penyisipan Marker, yaitu dengan cara double klik pada marker yang telah kalian download tadi atau yang kalian buat. lalu Import 
8.Setelah disisipkan, load marker yang terdapat pada ARCamera di tab inspector dengan cara klik ARCamera lalu Ceklist Load Dataset dan Activasi. 
9.Tahap berikutnya menentukan ImageTarget untuk marker, pilih ImageTarget lalu pada Tabinspector tentukan Dataset dan Imagetarget 
10.Setelah marker disisipkan dan telah diload ARCamera, selanjutnya adalah tahap menyimpan Objek . objek apa yang akan muncul ketika kamera mulai mentracking marker. mungkin untuk sementara kita gunakan sebuah Cube saja. apabila ada yang memiliki model 3D lainnya silahkan kalian import.  
11.Atur tata letak Cube hingga terlihat di atas marker. kalian bisa mengubah manual pada bagainTransform. 
 
12.Setelah mengatur posisi objek/ Cube. Sisipkan Cube pada ImageTarget. 
13. Hingga terlihat seperti ini 
14.Selanjutnya adalah Tahap Mengcompile atau merubah menjadi file APK untuk Android agar bisa jalankan di perangkat ponsel Android kalian, Sebenarnya ada dua cara untuk penginstalan, namu disini saya hanya mnjelaskan penginstalan menggunkan file .APK yaitu dengan cara Klik File->Building Setting atau CTRL+Shift+B. pada bagian Platform pilih Android lalu klik Switch Platformjangan lupa untuk Add Current untuk menambah Scene yang kita save tadi.  15.Masih di Bulding Setting, Klikplayer Setting dan atur sperti gambar di bawah. 
16.Untuk seting lainnya seperti Spesifikasi Android kalian bisa atur sesuai dengan OS android yang kalian gunakan pada Other Setting. Setelah itu kalian tinggal klik Build . tunggu hingga proses selesai. Jika disaat pengcompile muncul popout android-sdk-windows baca artikel ini. jika tidak lanjut tahap ke 17.
 17.Setealah menjadi file.APK Instal aplikasi di Android kesayangan kalian. lalu jalankan. :D 
 Bentuk Cube masih terlihat gelap, untuk menerangkanya tambahkan Directional Right dengan cara pilih GameObject->Creat Other->Directional Right. lalu ulangi tahap 16. maka hasilnya akan seperti ini :
 
 hasilnya seperti ini baguskan??

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Komunikasi Data Menggunakan Teks

Setting VLAN dan ROUTER

Pengertian Komunikasi Pada Jaringan Komputer Dan Telepon