TUTORIAL CARA MEMBUAT APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) MARKER DAN MARKERLESS DI ANDROID MENGGUNAKAN UNITY DAN VUFORIA SDK
Setelah alat tempur diatas disiapkan jalankan aplikasi Unity3D dan buat project baru dengan cara klik"File->New Project" disini saya membuat project dengan nama "Marlboro". Jangan lupa di save (CTRL+S) terserah berinama apa aja untuk Scene. disini saya berinama "Test1".
2. Lalu klik kanan pada bagian Assets. Import Package->Costum Package
3.Import Package SDK Vuforia yang kalian download tadi.
4.Delete Main Camera pada Unity
7.Selanjutnya adalah tahap penyisipan Marker, yaitu dengan cara double klik pada marker yang telah kalian download tadi atau yang kalian buat. lalu Import
8.Setelah disisipkan, load marker yang terdapat pada ARCamera di tab inspector dengan cara klik ARCamera lalu Ceklist Load Dataset dan Activasi. 10.Setelah marker disisipkan dan telah diload ARCamera, selanjutnya adalah tahap menyimpan Objek . objek apa yang akan muncul ketika kamera mulai mentracking marker. mungkin untuk sementara kita gunakan sebuah Cube saja. apabila ada yang memiliki model 3D lainnya silahkan kalian import.
11.Atur tata letak Cube hingga terlihat di atas marker. kalian bisa mengubah manual pada bagainTransform.
12.Setelah mengatur posisi objek/ Cube. Sisipkan Cube pada ImageTarget.
13. Hingga terlihat seperti ini
16.Untuk seting lainnya seperti Spesifikasi Android kalian bisa atur sesuai dengan OS android yang kalian gunakan pada Other Setting. Setelah itu kalian tinggal klik Build . tunggu hingga proses selesai. Jika disaat pengcompile muncul popout android-sdk-windows baca artikel ini. jika tidak lanjut tahap ke 17.
17.Setealah menjadi file.APK Instal aplikasi di Android kesayangan kalian. lalu jalankan. :D Bentuk Cube masih terlihat gelap, untuk menerangkanya tambahkan Directional Right dengan cara pilih GameObject->Creat Other->Directional Right. lalu ulangi tahap 16. maka hasilnya akan seperti ini :
Komentar
Posting Komentar