Membuat Simple Augmented Reality Berbasis Android Menggunakan Unity 5.1.1 dan Vuforia 5.0.5
hello i'm coming back in my blog!! saya akan memberitahukan cara membuat aplikasi Augmented Reality di Android menggunakan Unity 5 dan Vuforia 5. karena cepatnya update dari Vuforia dan Unity alhasil saat ini banyak sekali yang bingung mengikuti tutorial ini lagi. ini saya akan bahas tentang cara membuat aplikasi Augmented Reality berbasis Android menggunakan Unity 5 dan Vuforia 5.
LANGKAH 1 :
Buka Unity dan buatlah project baru
LANGKAH 2 :
ubahlah project ke android\
Jangan lupa untuk melakukan pengaturan pada player setting
Atur nama company dan nama aplikasi
atur juga pengaturan bundle identifier
LANGKAH KE 3 :
lakukan Import Vuforia SDK dengan double klik
Centang semua elemen importnya
LANGKAH KE 4:
Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene, delete Main Camera.
Vuforia mensuport debugging di PC menggunakan camera webcam. Tapi jika hardware belum di support Vuforia Anda dapat menonaktifkan fitur ini.
JANGAN LUPA SAVE SCENE DENGAN CARA TEKAN CTRL+S SUPAYA TIDAK TERJADI HAL KESALAHAN
LANGKAH KE 5:
Definisikan marker dengan klik ImageTarget kemudian klik 'No targets defined. Press here for target creation !'
Anda akan diarahkan ke website Vuforia. Login untuk masuk ke akun Anda. Pertama klik 'Add License Key' pada 'License Manager' untuk membuat lisensi. Lisensi ini nantinya berkaitan dengan harga yang harus Anda bayar. Tenang saja, untuk tutorial kali ini Anda dapat menggunakan license free.
Pada lisensi ada kode yang harus Anda letakkan di code Anda. Copy semua kode tadi kemudian masukkan di ARCamera pada project Anda
Kemudian definisikan marker pada image target. Pada bagian 'Target Manager' klik 'Add Database'.
Masukkan nama database, kemudian upload marker. Marker yang Anda Upload akan ditampilkan dan diberi rating
Kali ini saya menggunakan marker berikut, Anda dapat menggunakan marker lain.
Setelah selesai download datasetnya, pilih 'Unity Editor'. Kemudian Anda akan mendapatkan file dengan ekstensi .unitypackage.
License manager pada Vuforia |
Pada lisensi ada kode yang harus Anda letakkan di code Anda. Copy semua kode tadi kemudian masukkan di ARCamera pada project Anda
Lisensi Vuforia |
Masukkan ke ARCamera
Masukkan license ke ARCamera |
Kemudian definisikan marker pada image target. Pada bagian 'Target Manager' klik 'Add Database'.
Tambahkan database |
Masukkan nama database, kemudian upload marker. Marker yang Anda Upload akan ditampilkan dan diberi rating
Marker yang di upload di Vuforia |
Kali ini saya menggunakan marker berikut, Anda dapat menggunakan marker lain.
Marker |
LANGKAH KE 6:
Import file dataset dengan double click file dataset dengan ekstensi .unitypackage yang Anda dapatkan dari Vuforia. Kemudian tentukan dataset yang digunakan pada ImageTarget
Taruh object yang akan dimunculkan pada AR di atas Image Target. Buat object tersebut menjadi child dari ImageTarget. Pada contoh ini saya memakai object cube dengan klik GameObject >> 3D Object >> Cube
Konfigurasi ARCamera untuk me load dataset
Tentukan dataset pada Image Target |
Taruh object yang akan dimunculkan pada AR di atas Image Target. Buat object tersebut menjadi child dari ImageTarget. Pada contoh ini saya memakai object cube dengan klik GameObject >> 3D Object >> Cube
Menletakkan object AR |
Konfigurasi ARCamera untuk me load dataset
LANGKAH KE 7:
Jalankan project dengan klik File >> Build Settings >> Build. Copy file .apk ke device Android Anda dan jalankan aplikasinya
Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia |
Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia |
Komentar
Posting Komentar