Membuat Simple Augmented Reality Berbasis Android Menggunakan Unity 5.1.1 dan Vuforia 5.0.5




hello i'm coming back in my blog!! saya akan memberitahukan cara membuat aplikasi Augmented Reality di Android menggunakan Unity 5 dan Vuforia 5. karena cepatnya update dari Vuforia dan Unity alhasil saat ini banyak sekali yang bingung mengikuti tutorial ini lagi. ini saya akan bahas tentang cara membuat aplikasi Augmented Reality berbasis Android menggunakan Unity 5 dan Vuforia 5.


LANGKAH 1 :
 Buka Unity dan buatlah project baru

Blank project unity






LANGKAH 2 :
ubahlah project ke android\

Ubah project unity ke android




Jangan lupa untuk melakukan pengaturan pada player setting
Pengaturan player


Atur nama company dan nama aplikasi
Atur nama company dan nama aplikasi

atur juga pengaturan bundle identifier
Atur bundle Identifier


LANGKAH KE 3 :
 lakukan Import Vuforia SDK dengan double klik
Double click Vuforia SDK


Centang semua elemen importnya

Centang semua untuk import Vuforia SDK



LANGKAH KE 4:

Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene, delete Main Camera.

Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene

Vuforia mensuport debugging di PC menggunakan camera webcam. Tapi jika hardware belum di support Vuforia Anda dapat menonaktifkan fitur ini.

Disable 'Don't use play mode' jika error
JANGAN LUPA SAVE SCENE DENGAN CARA TEKAN CTRL+S SUPAYA TIDAK TERJADI HAL KESALAHAN



LANGKAH KE 5:
Definisikan marker dengan klik ImageTarget kemudian klik 'No targets defined. Press here for target creation !'


Definisikan marker untuk target

Anda akan diarahkan ke website Vuforia. Login untuk masuk ke akun Anda. Pertama klik 'Add License Key' pada 'License Manager' untuk membuat lisensi. Lisensi ini nantinya berkaitan dengan harga yang harus Anda bayar. Tenang saja, untuk tutorial kali ini Anda dapat menggunakan license free.


License manager pada Vuforia
License manager pada Vuforia

Pada lisensi ada kode yang harus Anda letakkan di code Anda. Copy semua kode tadi kemudian masukkan di ARCamera pada project Anda

Lisensi Vuforia
Lisensi Vuforia

Masukkan ke ARCamera

Masukkan license ke ARCamera
Masukkan license ke ARCamera


Kemudian definisikan marker pada image target. Pada bagian 'Target Manager' klik 'Add Database'.

Tambahkan database
Tambahkan database


Masukkan nama database, kemudian upload marker. Marker yang Anda Upload akan ditampilkan dan diberi rating

Marker yang di upload di Vuforia
Marker yang di upload di Vuforia

Kali ini saya menggunakan marker berikut, Anda dapat menggunakan marker lain.

Marker
Marker
Setelah selesai download datasetnya, pilih 'Unity Editor'. Kemudian Anda akan mendapatkan file dengan ekstensi .unitypackage.

File .unitypackage berisi dataset marker

LANGKAH KE 6:
 Import file dataset dengan double click file dataset dengan ekstensi .unitypackage yang Anda dapatkan dari Vuforia. Kemudian tentukan dataset yang digunakan pada ImageTarget

Tentukan dataset pada Image Target
Tentukan dataset pada Image Target

Taruh object yang akan dimunculkan pada AR di atas Image Target. Buat object tersebut menjadi child dari ImageTarget. Pada contoh ini saya memakai object cube dengan klik GameObject >> 3D Object >> Cube

Menletakkan object AR
Menletakkan object AR




Konfigurasi ARCamera untuk me load dataset

Konfigurasi ARCamera untuk me-load dataset

LANGKAH KE 7:
Jalankan project dengan klik File >> Build Settings >> Build. Copy file .apk ke device Android Anda dan jalankan aplikasinya

Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia
Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia

Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia
Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Komunikasi Data Menggunakan Teks

Setting VLAN dan ROUTER