Membuat Aplikasi AugmeAplikasi Augmented Reality Sederhana
Membuat Aplikasi Augmented Reality Sederhananted Reality Sederhana


1.    Unduh ARToolkit versi 2.72.1 dari situs  http://sourceforge.net/projects/artoolkit/files/artoolkit/2.72.1/
Kemudian pilih “ARToolKit-2.72.1-bin-win32.zip”


2.    Setelah proses unduh selesai, maka ekstraksi file “ARToolKit-2.72.1-bin-win32.zip” tersebut ke drive C:/ARToolkit.

3.    Kemudian apabila proses ekstrak telah selesai maka langkah selanjutnya adalah masuk ke dalam direktori {ARToolKit_HOME}/bin.

4.    Di dalam folder bin tersebut banyak sekali contoh-contoh aplikasi yang bisa Anda gunakan. Silakan Anda coba salah satu aplikasi yaitu “simpleTest.exe” (Jangan lupa untuk mencetak marker “Hiro” yang ada di lokasi {ARToolKit_HOME}/pattern/pattHiro.pdf).

5.    Setelah Anda jalankan aplikasi “simpleTest.exe”,
6.    Apabila tidak muncul seperti gambar di atas, itu berarti terdapat error sehingga ARToolkit yang sudah kita install tidak dapat dijalankan. Pada umumnya, error yang sering muncul adalah file DLL yang tidak terinstal di sistem operasi PC Anda.

Misalkan tidak berhasil menjalankan “simpleTest.exe” karena “glut32.dll is missing”, maka kamu perlu mendownload glut library pada laman situs http://www.xmission.com/~nate/glut.html lalu pilih “glut-3.7.6-bin.zip”, kemudian ekstraksi “glut32.dll” tersebut ke dalam directory C:WindowsSystem32. Kemudian jalankan ulang file “simpleTest.exe”.

Percobaan tersebut merupakan tes sederhana, Anda dapat mencoba beberapa tes aplikasi lain yang terdapat di dalam folder bin ARToolkit. Kini, setelah sebuah ARToolkit terinstal di PC, yang diperlukan adalah mulai mengenal VRML, apa itu VRML? Sedikit penjelasan mengenai VRML yang merupakan singkatan dari Virtual Reality Modeling Language merupakan sebuah file extention / file system untuk menampilkan gambar objek 3D yang mendukung penggunaan





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Komunikasi Data Menggunakan Teks

Setting VLAN dan ROUTER