Tutorial Cara Membuat WIFI

  • Connectify
Connectify adalah sebuah aplikasi yang dikhususkan untuk membuat jaringan wifi atau hotspot melalui komputer kita sendiri. Untuk menggunakan aplikasi ini secara penuh, kita harus membeli lisensi aplikasi ini. Tapi tenang saja, tanpa membeli pun kita sudah bisa membuat wifi hotspot dengan bantuan aplikasi ini. Cara menggunakannya pertama anda harus mendownload aplikasi ini melalui website resminya terlebih dahulu. Kemudian anda install seperti biasa. Kemudian anda akan diharuskan untuk melakukan restart pada komputer anda. Setelah anda restart, silahkan anda buka aplikasi connectify. Masukkan nama wifi yang ingin anda buat. Kemudian masukkan password jika anda ingin memproteksi jaringan anda agar orang lain yang tidak anda kenal tidak dapat menggunakannya.


  • Command prompt

Cara membuat wifi atau hotspot lainnya adalah dengan menggunakan command prompt. Kita tidak perlu bantuan aplikasi lain dengan cara ini. Windows sudah memberikan kita fitur untuk dapat membuat wifi atau hotspot sendiri, hanya saja banyak orang yang belum mengetahuinya. Untuk membuat wifi hotspot melalui command prompt, silahkan lihat tutorialnya di bawah ini.
1.) silahkan anda buka dulu command prompt dengan cara: tekan tombol WIN + R pada keyboard.

2.) Kemudian ketikkan cmd pada kolom yang tersedia. Setelah itu sebuah jendela dengan latar belakang. hitam akan terbuka, inilah yang disebut dengan command prompt.

3.) Ketikkan kode berikut ini di command prompt:
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=rizki key=12345678
dimana “ssid” adalah nama dari wifi yang ingin kita buat. 

Di sini saya isi dengan nama “rizki” silahkan anda ganti sesuai dengan keinginan anda. “key” adalah password dari wifi yang ingin anda buat, dalam hal ini “12345678” silahkan ganti sesuai keinginan. Jangan lupa tekan enter setelah anda ketikkan kode di atas.
Setelah itu anda ketikkan kode di bawah ini dan tekan enter.
netsh wlan start hostednetwork
Sekarang wifi hotspot buatan anda sendiri sudah tercipta. Anda dapat melihatnya di tray connection anda yang berada di bagian pojok kanan bawah komputer anda. Sekarang anda sudah terkoneksi tapi orang lain belum bisa menggunakan internet melalui komputer anda. Agar orang lain dapat menggunakan internet melalui komputer anda, silahkan klik kanan pada koneksi yang sudah anda buat tadi, kemudian klik properties. Pilih tab sharing kemudian centang “Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection” . Klik ok. Sekarang orang lain sudah bisa menggunakan koneksi internet komputer anda.
Demikianlah cara membuat wifi atau hotspot sendiri di komputer. Wifi ini bukan hanya dapat dimanfaatkan untuk berbagi koneksi internet saja, tapi kita juga bisa berbagi file melalui koneksi ini. Kita juga bisa bermain game berbasis LAN.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Komunikasi Data Menggunakan Teks

Setting VLAN dan ROUTER